Karakteristik Modern Dance

Karakteristik Modern Dance

Oleh : Wahyu

Foto : scenicreflections.com
​Ghiboo.com - Modern dance memang tidak memiliki aturan baku mengenai gerakan-gerakan, kostum, aksesoris, dan lainnya. Setiap koreografer bebas berekspresi sesuai interpretasi mereka masing masing.

Namun tarian ini awalnya kerap dilakukan tanpa mengenakan sepatu atau kostum yang konseptual (penari lebih memilih kostum yang tidak konvensional), semua dilakukan agar penari lebih santai dan bebas dalam menari.

Fakta menarik tentang modern dance adalah bahwa faktor berat badan penari sangat memengaruhi gerakan mereka, atau akan meningkatkan gerakan tarian. Seiring perkembangannya tarian ini juga identik dengan gerakan tarian yang dipadu-padankan dengan emosi, nafsu, kemarahan, cinta, humor, dan lainnya.

Karena modern dance fokus dalam mengekspresikan perasaan terdalam, maka tarian ini tentu mudah menyatukan penonton dengan perasaan Anda. Terlebih jika alunan musiknya tenang atau penari memilih untuk tidak menggunakan irama musik sama sekali, maka penonton akan terpaku bahkan terkagum-kagum pada gerakan Anda.

Modern dance sepenuhnya melibatkan gerakan yang dikreasikan oleh Anda sendiri, ini membuat tarian ini terlihat sangat natural dan unik.

Berikut ini beberapa dancer modern dance yang cukup terkenal: Alvin Ailey, Alwin Nikolais, Anna Sokolow, Charles Weidman, DancersLoie Fuller, Daniel Nagrin, Doris Humphrey, Garth Fagan, Hanya Holm, Helen Tamiris
Isadora Duncan, Lester Horton, Martha Graham, Merce Cunningham, Paul Taylor, Pearl Primus, Ruth St Denis, Steve Paxton, Ted Shawn, Twyla Tharp, dan lainya.

Keep dancing and express yourself!
sumber:http://hobby.ghiboo.com 

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar