PERKEMBANGAN MODERN DANCE

PERKEMBANGAN TARI MODERN DANCE

Awal Mula Modern Dance
Perkembangan modern dance sangat menarik untuk kita ikuti, selain karena modern dance sedang menjamur saat ini tapi juga karena memiliki sejarah yang cukup menarik untuk di simak. Perkembangan modern dance seperti yang bisa kita lihat saat ini sangatlah pesat dan merupakan sesuatu yang sedang happening di masa kini. Digemari oleh berbagai kalangan terutama kalangan remaja.
Modern dance adalah salah satu jenis tarian / dance yang berkembang sejak abad ke 20. Modern dance merupakan gerakan tarian / dance yang tergolong santai, bebas bergaya, tidak ada aturan baku dan koreografer nya menggunakan emosi dan tergantung suasana hati. Modern dance lahir dari penolakan terhadap keterbatasan tari balet tradisional. Modern dance tidak sama dalam teknik dan struktur dengan tari tradisional. Modern dance mendorong penari menggunakan emosi dan suasana hati untuk merancang langkah-langkah mereka sendiri. Sudah lazim bagi penari modern untuk menciptakan langkah-langkah baru untuk rutinitas mereka, daripada mengikuti kode terstruktur teknik, seperti dalam balet.
Modern dance pada awal mulanya di pelopori oleh penari-penari dari Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa Negara di Eropa Barat yang “memberontak” terhadap tari balet dan tari tradisional yang sedang booming saat itu. Lahir di awal abad 20, tari modern adalah gaya tari yang berpusat pada interpretasi masing penari itu bukan langkah terstruktur, seperti dalam menari balet tradisional. Penari modern menolak keterbatasan gerakan balet dan mendukung klasik berasal dari ekspresi perasaan batin mereka. Selama tahun 1900-an, penari Eropa mulai memberontak terhadap aturan-aturan kaku balet klasik. Berbalik melawan, kostum terstruktur teknik dan sepatu balet, penari ini favaored gaya, lebih santai bebas menari. Pelopor tari modern sering menari dengan kaki telanjang dan kostum seadanya.
Di Amerika Serikat, pelopor tari beberapa membuka jalan untuk tari modern Amerika, termasuk Martha Graham. Martha Graham dianggap salah satu pelopor terkemuka tari modern Amerika. Dalam rangka untuk mengekspresikan gairah, kemarahan dan ekstasi manusia, ia mengembangkan bahasanya sendiri gerakan. Dia menciptakan teknik baru yang mirip dengan tari balet klasik, tetapi dengan beberapa perbedaan. Dia sangat terfokus pada gerakan dasar manusia, berkonsentrasi pada pergerakan kontraksi dan lepaskan. Alih-alih berjuang lama, gerakan fluida, gerakan Graham yang tajam dan bergerigi. Menari bertujuan untuk mengungkapkan dasar manusia emosi melalui gerakan. Visi berani Graham untuk tari modern membuat dia mendapatkan beberapa penghargaan dan gelar kehormatan.
Beberapa penari lain yang paling terkenal saat itu adalah Loie Fuller, Isadora Duncan, dan Ruh St. Denis. Aksi mereka didasari oleh faktor kelemahan dari tari balet dan tari tradisional, dimana kelemahan itu diantaranya diperlukan perlengkapan khusus seperti music, kostum, sepatu tari serta tata rias yang tebal. Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga memiliki ketertarikan besar untuk menari. Oleh karena itu ketiga penari tersebut kemudian menciptakan suatu tarian bebas yang kemudian di kenal dengan cikal bakal dari modern dance.
Modern Dance Di Masa Kini
Modern dance di masa kini sangat di gemari, terutama oleh kalangan remaja yang identik senang dengan segala sesuatu yang baru dan tidak mengekang. Kini banyak bermunculan koreografer yang mengembangkan modern dance dan memperkaya nilai modern dance. Di masa kini, penari modern menggunakan modern dance untuk mengekspresikan emosi terdalam mereka, bahkan untuk lebih dekat dengan batin mereka mandiri. Penari modern memilih subjek yang dekat dengan hati mereka, seperti cinta yang hilang atau kegagalan pribadi. Penari akan memilih musik yang berhubungan dengan cerita, atau memilih untuk tidak menggunakan musik sama sekali, dan kemudian memilih kostum untuk mencerminkan emosi yang mereka pilih. Modern dance sudah menjadi salah satu kurikulum di beberapa sekolah modern di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Bahkan banyak pula sanggar-sanggar tari yang membuka kelas modern dance. Dari segi peminat sudah barang tentu banyak dari segi jumlah. Tempat-tempat atau studio kursus / les modern dance pun menjamur dimana-mana, mulai dari yang sekedar menyewakan tempat untuk berlatih sampai yang menyediakan instruktur khusus.



 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar