Tari modern adalah bentuk tarian yang dikembangkan pada awal abad ke-20. Meskipun istilah tari modern juga telah diterapkan pada kategori ballroom 20th Century tarian, tari modern sebagai istilah yang biasanya mengacu pada abad ke-20 konser tarian.
Asal
Pada awal 1900-an penari Amerika Isadora Duncan dan Ruth St Denis dan
penari Jerman Maria Wigman mulai memberontak terhadap batasan-batasan
yang kaku Ballet Klasik. Shedding kontrol otoriter sekitarnya teknik
balet klasik, kostum, dan sepatu, awal ini perintis tari modern berfokus
pada diri-ekspresi kreatif, bukan pada keahlian teknis. Tari modern
yang lebih santai, gaya bebas di mana
koreografer tarian menggunakan emosi dan suasana hati untuk merancang
langkah-langkah mereka sendiri, berlawanan dengan kode terstruktur balet
yang langkah. Memiliki penggunaan yang disengaja gravitasi, sedangkan
balet berusaha untuk menjadi terang dan lapang.
Eropa
Di Eropa, Maria Wigman, Francois Delsarte, Émile Jaques-Dalcroze, dan
Rudolf von Laban mengembangkan teori pergerakan manusia dan ekspresi,
dan metode pengajaran yang mengarah pada perkembangan Eropa ekspresionis
modern dan tarian. Teori-teori dan teknik mereka menyebar baik di luar
Eropa untuk mempengaruhi perkembangan tari modern dan teater melalui
siswa dan murid-murid mereka, dan generasi berikutnya guru dan penyanyi
membawa teori-teori dan metode ke Rusia, Amerika Serikat dan Kanada,
Inggris, Australia dan New Selandia.
Sejarah
* 1891 - Loie Fuller (rok penari yang bersifat olok-olok) mulai
bereksperimen dengan efek pencahayaan gas telah di sutra kostum. Fuller
mengembangkan sebuah bentuk gerakan alam dan improvisasi teknik yang
digunakan dalam hubungannya dengan pencahayaan revolusioner peralatan
dan kostum transparan sutra. Dia dipatenkan dengan aparat dan metode
pencahayaan panggung yang mencakup penggunaan gel berwarna dan
pembakaran bahan kimia untuk pendaran, dan juga dipatenkan nya sutra
tebal kostum panggung.
* 1903 - Isadora Duncan mengembangkan teknik tari dipengaruhi oleh
filsafat dari Friedrich Nietzsche [rujukan?] Dan keyakinan bahwa tarian
Yunani kuno [rujukan?] (Alam dan bebas) adalah tarian masa depan. Duncan
mengembangkan filsafat tari didasarkan pada konsep alam dan spiritual
dan menganjurkan untuk penerimaan tari murni sebagai seni tinggi.
* 1905 - Ruth St Denis, dipengaruhi oleh aktor Sarah Bernhardt dan
Jepang Sadha penari Yacco, mengembangkan terjemahan nya kebudayaan dan
mitologi India. Pertunjukan nya dengan cepat menjadi populer dan ia mengunjungi sementara secara ekstensif meneliti budaya dan seni Oriental.
Fuller, Duncan dan St Denis mencari semua
melakukan tur Eropa yang lebih luas dan lebih menerima penonton untuk
pekerjaan mereka. Ruth St Denis kembali ke Amerika Serikat untuk
melanjutkan pekerjaannya. Isadora Duncan kembali ke Amerika Serikat pada
berbagai titik dalam hidupnya, tetapi pekerjaannya tidak terlalu baik
diterima di sana. Dia kembali ke Eropa dan meninggal di Paris pada tahun 1927. Fuller kerja juga mendapat dukungan kecil di luar Eropa.
Awal tari modern
Pada tahun 1915, Ruth St Denis Dorthy mendirikan sekolah dan menari
Denishawn perusahaan dengan suaminya Ted Shawn. Sementara St Denis
bertanggung jawab atas sebagian besar karya kreatif, Shawn bertanggung
jawab untuk mengajar teknik dan komposisi. Martha Graham, Doris
Humphrey, dan Charles Weidman semua murid di sekolah dan anggota
perusahaan dansa.
* 1923 Graham daun Denishawn untuk bekerja sebagai artis solo di Greenwich Village Follies.
* 1928 Humphrey dan Weidman meninggalkan Denishawn untuk mendirikan sekolah mereka sendiri dan perusahaan (Humphrey-Weidman).
* 1933 Shawn nya semua laki-laki mendirikan kelompok tari Ted Shawn and His Men Penari berbasis di Jacob's Pillow peternakan di Lee, Massachusetts.
Setelah shedding teknik dan metode komposisi guru-guru mereka penari
modern awal mengembangkan metode mereka sendiri dan ideologi dan teknik
tari yang menjadi dasar bagi praktik tari modern.
* Martha Graham (dan Louis Horst)
* Doris Humphrey dan Charles Weidman dan Martha Graham
* Helen Tamiris - awalnya dilatih dalam pergerakan bebas (Irene
Lewisohn) dan balet (Michel Fokine) Tamiris belajar sebentar dengan
Isadora Duncan tetapi tidak menyukai penekanan pada ekspresi pribadi dan
gerakan liris. Tamiris percaya bahwa setiap tari harus membuat
ekspresif sendiri dan dengan demikian berarti tidak mengembangkan gaya
individu atau teknik. Sebagai koreografer Tamiris membuat karya
berdasarkan tema-tema Amerika bekerja di kedua konser musik tari dan
teater.
* Lester Horton - memilih untuk bekerja di California (tiga ribu mil jauhnya dari pusat tari modern - New York),
Horton mengembangkan pendekatan sendiri yang menggabungkan unsur-unsur
beragam termasuk penduduk asli Amerika Jazz tarian dan modern. Horton's
dance technique (Lester Horton Technique) menekankan pendekatan seluruh
tubuh termasuk; fleksibilitas, kekuatan, koordinasi, dan kesadaran tubuh
untuk mengizinkan kebebasan berekspresi.
* Ted Shawn
Eropa ekspresionis modern dan tari
* Émile Jaques-Dalcroze (Eurhythmics)
* Rudolf Laban
* Kurt Jooss
* Mary Wigman
* Harald Kreutzberg
Amerika popularisasi Modern Dance
Pada tahun 1927 surat kabar secara teratur mulai menugaskan para
kritikus tari, seperti Walter Terry, dan Edwin Denby, yang mendekati
penampilan dari sudut pandang sebuah gerakan spesialis bukan sebagai
reviewer musik atau drama. Pendidik diterima tari modern ke dalam
kurikulum perguruan tinggi dan universitas, pertama sebagai bagian dari
pendidikan jasmani, maka sebagai seni pertunjukan. Banyak perguruan
tinggi guru yang dilatih di Bennington Summer School of the Dance, yang didirikan di Bennington College di tahun 1934.
Dari program Bennington, Agnes de Mille
menulis, "... ada percampuran yang baik dari semua jenis seniman,
musisi, dan perancang, dan kedua, karena semua mereka yang bertanggung
jawab untuk pemesanan rangkaian konser perguruan tinggi di seluruh benua
itu berkumpul di sana. ... bebas dari
striktur membatasi dari tiga besar pengurus monopoli, yang mendesak
untuk preferensi klien mereka di Eropa. Sebagai akibatnya, untuk pertama
kalinya Amerika penari disewa untuk wisata nasional Amerika, dan ini
menandai awal solvabilitas mereka. " (de Mille, 1991, hal 205)
sumber: http://syfa-dwiyatna.blogspot.com
sumber: http://syfa-dwiyatna.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar